6 Tips Mudah Memotret Dengan Kamera Ponsel

Obah Tekno - Memotret kini kian mudah. Untuk sekedar mengabadikan momen kita tak perlu membeli kamera professional (SLR) dengan harga selangit. Lagipula kini sudah banyak Smartphone android dengan kamera yang cukup canggih yang bisa menghasilkan foto yang keren dan berkualitas layaknya SLR. Kita bisa gunakan ponsel kita untuk memotret, dengan sedikit tips fotografi ini, kita bisa menjadi fotografer yang bukan asal jepret.


Agar foto yang kita hasilkan bagus dan bergaya, ini sedikit tips memotret menggunakan ponsel yang mudah dan simple.

Tips Mengambil Gambar dengan Handphone (HP)


#1. Memilih ponsel dengan kamera yang bagus


Saat ini banyak sekali Handphone yang fitur kameranya bisa dibilang cukup canggih. Kita butuh kamera yang mempunyai fitur ini, yaitu autofocus dan lampu flash.

Autofokus berguna untuk menghasilkan foto yang fokus terhadap satu objek. Ini adalah fitur dimana kamera memiliki kemampuan memilih satu fokus dari objek yang akan kita potret. Gambar yang dihasilkan adalah blur di tempat yang tidak kita fokuskan dan tajam pada objek yang kita fokuskan. Ini berguna ketika kita akan memotret satu objek dimana background blur dan objek tersebut akan terlihat tajam. Ini adalah tips fotografi yang penting karena foto yang dihasilkan akan kelihatan professional dan menarik.

Lampu flash berguna ketika kita akan memotret di tempat yang pencahayaannya kurang. Misalnya malam hari, atau di ruangan yang agak gelap. Dengan Lampu Flash ini, kita bisa memotret dimanapun dan kapanpun, siang ataupun malam hari. Jadi kita tidak bergantung dengan sinar matahari.

#2. Hindari Penggunaan  Zoom, Dekati Objek


Kalau anda pernah memotret dengan kamera SLR, pasti anda akan merasakan betapa pentingnya zoom untuk mengambil objek gambar yang jauh.
Walaupun kamera android punya kemampuan zoom, tapi sebaiknya kita tak menggunakannya. Mengapa?
Coba kalian foto zoom dengan tanpa zoom. Bedakan kualitasnya dan dari situ anda tahu bahwa penggunaan zoom akan mengurangi kualitas gambar. Kok Bisa? Ya, penggunaan zoom bisa menurunkan kualitas foto karena zoom pada kamera ponsel adalah zoom digital dimana ketika kita gunakan zoom, gambar akan pecah yang berdampak pada turunnya kualitas gambar, sedangkan zoom pada kamera SLR adalah zoom optikal sehingga kualitas gambar tetap utuh, tidak pecah, dan malah disarankan

Lalu bagaimana caranya? Jangan gunakan zoom! Lebih baik dekati objek yang akan kita potret. Ponsel kita tidak bisa dipaksakan untuk zoom karena ketidakmampuannya tersebut. Dengan mendekati objek, gambar yang akan dihasilkan pun akan jelas

#3. Perhatikan Sumber Cahaya


Pada dasarnya, memotret adalah menangkap pantulan cahaya. Ini langkah penting menghasilkan foto yang jelas. Kita harus bisa memahami arah cahaya ketika kita akan memotret. Ketika ada sebagian gelap dan terang, potretlah dengan membelakangi cahaya dan taruhlah objek menghadap cahaya. Kita, fotografer di tempat terang atau cahaya sedangkan objek di tempat yang menjadi sasaran cahaya.

Kamera seperti mata. Jika kita silau melihat objek , begitupun dengan kamera. Ini terjadi karena fotografer menghadapkan kameranya ke sumber cahaya.
Jika kita melihat benda dengan jelas, begitu juga kamera. Ini trik yang tepat yaitu menempatkan diri kita sebagai pemotret membelakangi sumber cahaya dan obyek menghadap ke sumber cahaya.

#4. Pegang Ponsel dengan Stabil


Kamera ponsel memang tidak bisa se-stabil kamera SLR, dimana kamera ponsel sangatlah ringan yang bisa kita pegang dengan satu tangan. Sesuatu yang ringan biasanya mudah bergoyang hanya karena sedikit gerakan, berbeda dengan kamera professional. Sedikit goyang ketika memotret, gambar pun akan terlihat blur. Jangan lupa juga beri jarak waktu antara kita memencet tombol jepret dan saat kamera mengambil foto (jeda shutter) karena kamera ponsel sedikit lemot ketika ambil gambar.
Jadi, tunggu sebentar setelah anda menekan tombol shutter untuk memberi jarak kamera dalam mengambil gambar, kenali seberapa lama jeda waktunya dan tenang sesaat setelah menjepret.

#5. Memotret dari tempat yang tidak biasa


Ini yang menjadi bagian penting bagaimana foto bisa memberi efek luar biasa saat dilihat. Potretlah objek dari tempat yang tidak biasa dan istimewa (asal bukan dari ujung sedotan). Bisa kita memotret dari atas pohon, bawah mobil, ataupun belakang dan bawah dari objek yang difoto. Ini akan menimbulkan kesan foto kita luar biasa hanya dengan tips dan ponsel sederhana.
Kesan khusus itu seperti foto terlihat seperti dari mata semut dimana itu bisa dilakukan dengan sudut pandang kamera lebih rendah dari objek, atau foto terlihat seperti diambil dari posisi mata seekor raksasa yang itu berarti sudut pandang kamera lebih tinggi dari objek.
Tinggalkan kebiasaan memotret dari posisi biasa, karena hasilnya pun akan biasa.

#6. Jangan Benturkan Foto dengan Bingkai


Ini Trik yang tidak ada di blog lain, karena ini berdasar pada pengalaman saya. Maksudnya, jangan sampai foto kita bertabrakan dengan pinggir (bingkai) foto kita, sehingga ada bagian dari foto yang tidak terlihat padahal seharusnya itu bagian yang terlihat.
Misalnya foto wedding, ketika memotret keluarga, jangan sampai bagian dari kepala orang tersebut mepet ke pinggir bingkai sehingga terlihat jelek, tapi beri jarak proporsional antara atas kepala dengan pinggir foto, lebih jelasnya lihat gambar di bawah



#7. Biasakan Memotret

Bisa karena biasa. Kita harus sering-sering memotret agar keahlian kita semakin terlatih. Seorang fotografer harusnya bisa memotret objek sederhana namun memberi kesan luar biasa, dan ini butuh waktu yang tidak singkat dengan percobaan terus menerus. Ini bukanlah masanya memotret dengan kamera film, jadi tak perlu menghemat film untuk melakukan pemotretan, dimana lewat ponsel kita bisa menghapus gambar sesuka kita kapanpun. Jadi memotretlah terus untuk melatih kemampuan, dimanapun anda berada.


Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »