Tips Baterai Smartphone Agar Awet ; Charge Sebelum Habis

Obah Tekno – Berapa kali anda men-charge smartphone? Sehari sekali apakah cukup? Mungkin kita terbiasa mengisi ulang handphone (HP) ketika baterai tinggal sedikit atau sudah habis, apakah ini membuat baterai kita sehat dan tahan lama? Sebenarnya cara yang seperti inilah yang membuat baterai cepat rusak dan kehilangan fungsinya sebagai sumber energi untuk ponsel kita.

tips agar baterai hp awet


Mungkin banyak yang mengeluhkan baterainya boros dan cepat habis padahal baru saja digunakan. Ini sebenarnya diakibatkan karena ketidaktahuan dan kesalahan akan perawatan baterai yang terpasang di semua android kita.

Jenis Baterai Smatphone


Tahukah anda bahwa baterai di smartphone kita sekarang ini merupakan tipe litihium-ion yang dapat diisi kapan saja anda mau. Kebanyakan dari kita tak tahu bahwa mengisi ulang baterai saat mau habis sangat tidak disarankan, mengapa? Karena mengisi baterai handphone saat habis justru bisa memperpendek umur baterai.

Mengapa baterai bisa kembung?


Baterai tipe ini (litihium-ion) adalah jenis baterai yang membutuhkan daya besar ketika habis, sehingga untuk mengisinya kembali, baterai ini perlu bekerja keras. Hal ini bisa menyebabkan baterai kita gampang rusak karena selalu diberikan kerja yang tidak sesuai dengan porsi kemampuannya.
Ketika daya besar yang dibutuhkan untuk menyalakan kembali dan mengisinya, maka terjadilah reaksi akibat kerja yang terlalu keras oleh baterai itu. Reaksi itu sebenarnya sebuah protes dari baterai yang kelelahan melakukan hal ini. Selain mengisi baterai, juga terjadi reaksi yang menghasilkan panas dan gas. Gas panas yang berlebihan dalam baterai inilah yang menyebabkan baterai kembung.

Umur baterai bisa menjadi lebih pendek karena hal di atas. Baterai li-ion yang sering digunakan sampai habis, membuat sel-selnya mati mendadak dan untuk menghidupkannya lagi memberi dampak negatif berupa kerusakan dan sulit diisi kembali. Inilah yang mengakibatkan baterai ponsel android tidak awet.

Memperpanjang Umur Baterai = Awet


Solusi untuk menghindari kerusakan dan agar baterai tahan lama, jangan sampai baterai li-ion ini kita gunakan hingga dayanya habis. Sangat baik jika kita charge hp mulai 50% atau minimal 30%, ini terbukti mampu membuat baterai berumur lebih panjang, karena dalam kondisi tersebut, sel-sel masih normal dan tidak mengalami “kematian” akibat dayanya habis sehingga lebih mudah untuk diisi, sebaliknya bila sampai habis, sel-sel dalam kondisi tidak fit yang mengakibatkan baterai seperti dipaksa untuk mengisi dan ini membuatnya lebih cepat rusak karena reaksi yang menghasilkan panas berlebih.

Satu hal yang tak kalah penting adalah, gunakan charger bawaan smartphone. Jika pun terpaksa menggunakan charger lain, perhatikan, setidaknya charger tersebut memiliki nilai arus dan tegangan listrik yang sama dengan charger bawaan ponselmu. Kelebihan arus atau volt juga bisa mengakibatkan baterai cepat panas. Jadi pikirkan ulang bila membeli ponsel bekas yang tidak ada chargernya, karena itu berarti sedikit demi sedikit anda merusak hp yang anda beli. Buat apa beli HP yang bakal rusak karena pake charger lain, ya kan?
Salam Tekno!


Baca juga : Agar Baterai Laptop Tidak Drop
                   Mengatasi HP rusak terkena air

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »