3 Aplikasi Boros Kuota Data Internet Android yang Harus Dicopot

Obah Tekno - Internet adalah salah satu kebutuhan manusia saat ini, dimana untuk bisa mengakses internet kita perlu data atau biasa disebut kuota. Nah, banyak orang yang merasakan bahwa kuota di androidnya sangat boros. Ternyata dia belum tahu bahwa ada beberapa aplikasi yang dapat memakan banyak data dan baterai saat akses internet. Memang, harga kartu perdana hari ini murah, tapi yang masalah adalah jika kita isi ulang kuota, mahal bray. dan ini solusi untuk kalian yang suka isi ulang kuota supaya kuota lebih hemat dan awet digunakan sehingga tidak terlalu banyak keluar uang.


Ini adalah pengalaman dari saya sendiri ketika merasakan kuota saya seperti cepat habis, padahal yang saya buka itu-itu saja, dan akhirnya setelah saya copot aplikasi yang menurut saya boros, maka kuota pun bisa lebih hemat. Ini dia daftar aplikasinya.

Daftar Aplikasi Boros Kuota Android 2017

#1. Youtube

Youtube adalah aplikasi terboros yang membuat kuota internet tidak awet. Youtube adalah sebuah fasilitas di mana video dikumpulkan menjadi satu dalam sebuah web. Untuk melihat video di Internet, memang dibutuhkan kuota data yang lebih daripada biasanya. Dan itu benar-benar banyak memakan kuota kita. Apalagi video di Youtube sangat banyak sehingga kegiatan di youtube selalunya sibuk oleh pengunjung yang terus berdatangan. Untuk menampung dan menyetel banyak video itulah, youtube membutuhkan kuota yang cukup besar, apalagi jika kualitas videonya bagus. 
Aplikasi yang memakan banyak kuota saat akses internet jalantikus

Nah... Ada 2 pilihan, kita bisa mencabutnya atau me-non-aktifkan kegiatan youtube di latar belakang. Ketika kita melihat video dari youtube itu berarti kegiatan di latar depan, sedangkan notifikasi dari video-video yang kita subscribe yang terus berjalan walaupun aplikasinya telah kita tutup itu namanya kegiatan di latar belakang, bukan kita yang menjalankan, tapi otomatis dari sononya.

Untuk membuat kegiatan latar belakang tidak aktif, kita masuk setelan > penggunaan data > pilih kartu perdana (SIM) yang kamu gunakan > Scroll ke bawah > pilih Youtube > scroll ke bawah > Aktifkan Batasi data latar belakang apl.

Jadi dengan seperti itu kuota hanya akan terkurangi ketika anda membuka youtube secara langsung, karena biasanya latar belakang pada aplikasi seperti youtube lebih boros daripada latar depannya, entah mengapa. Mudah Bukan?
Setelah dibatasi, data latar belakang yang tadinya ratusan mb kini tinggal kb, sungguh sangat ampuh.

#2. Instagram

Setelah saya cari di setelan, ternyata instagram juga menghabiskan banyak kuota dan seringnya memberatkan serta boros baterai. Antara data latar depan dan latar belakang lebih boros latar belakang, serupa dengan youtube.
Belum lagi, Instagram membutuhkan baterai lebih banyak dari biasanya sehingga setelah anda gunakan, ada baiknya langsung anda tutup.
Instagram juga merupakan aplikasi yang menghabiskan memori penyimpanan sampai ratusan mb, baca juga cara download aplikasi hemat kuota dan tanpa memori

aplikasi terboros 2017

Tapi jika youtube saya copot karena tidak terlalu penting dan bisa dibuka lewat browser, tidak demikian dengan Instagram. Saya biarkan Instagram mengisi daftar aplikasiku namun tetap saya batasi latar belakangnya, sehingga tidak ada notifikasi ketika aplikasi tersebut ditutup kecuali notifikasi siaran langsung.

Saya pernah copot aplikasi ini dengan harapan bisa dibuka lewat browser. Ternyata memang benar bisa dibuka tapi kita hanya bisa melihat-lihat dan tidak bisa upload atau mengunggah foto atau video kita. 

Tentunya, saya tetap pasang namun dengan membatasi data latar belakang yang langkah-langkahnya hampir sama dengan me non aktifkan latar belakang pada youtube di atas, sehingga kuota hanya akan terkurangi ketika kita membuka Instagram, dan ketika kita menutupnya, data tidak terus berjalan.

#3. Facebook

aplikasi paling boros kuota internet

Facebook adalah media sosial yang paling populer di Indonesia, hampir setiap orang dipastikan mempunyai akun facebook. Sayangnya, aplikasi resmi dari facebook adalah aplikasi yang memakan banyak kuota. Sehingga sebagian besar menggunakan aplikasi facebook lite untuk membuka facebooknya.
Facebook, terkenal dengan loadingnya yang lama jika koneksi tidak benar-benar baik, sedangkan fb lite lebih cepat dan simple bahkan ketika koneksi buruk, fb lite masih bisa dibuka.

Facebook, selain boros kuota juga membutuhkan baterai yang banyak karena mungkin proses yang berat sehingga loading lama, tidak lancar atau nge lag, kuota boros, baterai cepat habis.
Untuk itu saya sendiri tidak menggunakan aplikasi facebook, dan saya pasang fb lite karena ini benar-benar ringan.

Dulu fb lite masih banyak kekurangan, seperti tidak bisa menulis teks panjang, upload gambar tidak bisa sampai 20, dan jika mau upload lebih harus buat album foto. Tapi tahun 2017 ini sudah banyak perubahan yang dilakukan, silahkan anda coba sendiri.

Memang ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan di fb lite, maka saya membuka facebook lewat browser, tapi membuka lewat browser android gambar tidak bisa kita simpan, dan kalau lewat fb lite, gambar sudah terkurangi resolusinya, itu yang membuat loading cepat di apk fb lite.

Penutup

Mungkin itu sedikit saja gambaran mengenai aplikasi boros kuota menurut pengalaman saya, kalian juga bisa melihat aplikasi boros kuota yang lain di jalantikus, tapi saya hanya menuliskan apa yang menjadi pengalaman saya tentang aplikasi android yang memakan banyak kuota. Silahkan anda copot atau batasi data latar belakang saat aplikasi ditutup, tapi kalau anda horang kayah silahkan pasang 3 aplikasi di atas dan saya jamin tidak ada sebulan kuotamu akan habis.
Salam Tekno!

Baca Juga : Agar Baterai android tidak boros

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
13 Juni 2017 15.03 delete

Kalo misalkan saya menggunakan fb lite? tetep boros ga itu mas?

Reply
avatar
13 Juni 2017 15.32 delete

Saya juga pasang fb lite, seperti yang saya tulis di atas :)

Reply
avatar