Cara Setting Agar Flashdisk Bisa Langsung Dicabut Setelah Digunakan.

Obah Tekno – Hari gini masih safely remove hardware? Wah, udah gak jaman sob. Ada caranya agar kita bisa mencabut laptop tanpa susah-susah eject dan juga tidak menimbulkan masalah pada flashdisk di kemudian hari. USB Flashdisk, perangkat mungil yang sering kita gunakan untuk menyimpan, menyalin, dan memindah data antar laptop. Tinggal colok ke port USB, kita pun bisa menggunakannya dengan praktis. Namun, seperti yang kita tahu pasti ada proses yang kita lakukan sebelum mencabut flashdisk dari portnya, yaitu eject atau safely remove hardware.

Cara setting agar flashdisk bisa dicabut langsung tanpa di eject


Kita bisa menyebutnya di-eject. Ya karena jika tidak kita eject itu akan membahayakan keamanan flashdisk kita seperti adanya virus. Sebenarnya tanpa di-eject pun kita bisa langsung mencabutnya, dan itu bisa menyingkat waktu kita ketika tergesa-gesa. Bayangkan, jika kita langsung melepasnya kita tak perlu repot-repot men-safely remove flashdisk, dan ini harus kita setting dulu dengan cara ini.

Tips Mencabut Flashdisk Langsung


Kita perlu melakukan beberapa langkah sebelum kita bisa melepas flashdisk tanpa eject.

#1. Pasang USB flashdisk milikmu ke komputer atau laptop yang kita gunakan
#2. Buka Device Manager bawaan windows, caranya Start > pilih Control Panel (sebelah kanan) > pilih Device Manager. Atau klik kanan pada icon My Computer > Klik Properties > Pilih Device Manager.
#3. Cari bagian disk drive lalu klik 2 kali atau klik simbol +. Pastikan flashdisk sudah terdeteksi oleh perangkat. Cari nama flashdiskmu lalu klik 2 kali atau untuk memunculkan jendela baru “USB Device Properties”.
#4. Pilih tab Policies, disitu terdapat 2 pilihan Removal Policy. Pilih Quick Removal lalu klik OK!

Cara setting agar flashdisk bisa dicabut langsung tanpa eject


Nah, dengan cara ini Windows tidak lagi membuat cache selama proses berlangsung dan kita pun bisa langsung mencabut flashdisk setelah dipakai tanpa eject, tanpa Safely Remove Hardware, dan tanpa takut terkena virus.
Tapi ini hanya berlaku di laptop/ komputer kita, jika kita ingin memasang flashdisk di perangkat lain, sebaiknya anda cek dahulu keadaan Removal Policy nya dengan cara di atas. Jika posisinya sudah Quick Removal, silahkan dilepas langsung, tapi jika yang terpilih adalah Better Performance, maka kita ubah dulu dengan klik Quick Removal jangan lupa OK!

Inilah cara mudah men-setting agar flashdisk kita bisa dilepas tanpa perlu Safely Remove. Ini sangat bermanfaat ketika menggunakan laptop/komputer anda ketika mengerjakan tugas banyak dan harus menyalin-nyalin data ke flashdisk untuk selanjutnya di print ke warnet. Memang ini hal kecil namun jika terus-menerus akan membosankan jika flashdisk selalu dilepas dengan Safely Remove.

Ingat, Jangan cabut flashdisk ketika proses berlangsung, misalnya ketika menyalin data atau memainkan file multimedia karena itu tidak sehat bagi flashdisk. Itu akan menyebabkan flashdisk bisa terkena virus atau error karena ada proses yang seketika dihentikan paksa. Caranya yaitu dengan menyelesaikan penyalinan data dahulu atau membatalkan proses yang berlangsung dengan klik cancel atau menyilang program yang berkaitan dengan flashdisk dimana program itu sedang berjalan. Pastikan proses telah benar-benar berhenti atau selesai dan lampu indicator flashdisk tidak lagi berkedip.

Semoga tips yang Obah Tekno bagikan ini bermanfaat dan bisa kalian praktekkan. Silahkan share ke orang lain agar yang manfaat ini bisa juga dibaca oleh orang lain.
Salam Tekno!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »