Lakukan Ini Agar Baterai Laptop Kamu Tetap Awet

Obah Tekno – Baterai adalah salah satu komponen terpenting sebuah laptop karena dengannya laptop dapat beroperasi dimanapun tanpa harus mengandalkan arus listrik. Tapi baterai juga bisa menjadi ketidaknyamanan laptop kita, yaitu cepat nge-drop dan tidak tahan lama.

Merawat baterai agar tahan lama dan tidak boros


Baterai laptop juga harus diperlakukan dengan baik seperti tips agar baterai smartphone awet ini. Tapi ada hal-hal berbeda antara tips untuk baterai smartphone dengan laptop. Cara ini sangat tepat untuk mencegah kerusakan baterai laptop untuk yang baru pertama kali membeli laptop. Perawatan sederhana untuk laptop baru lebih baik daripada mengobati kerusakan laptop lama.

Cara Membuat Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama


#1. Charge Baterai Laptop Baru kalian selama 4-8 jam atau full charge dalam keadaan mati. Baterai Laptop yang baru masih kosong dan kalau terisi pun hanya sedikit. Anggaplah ini pemanasan untuk Laptop kalian agar nantinya tahan banting selama bertahun-tahun. Jangan langsung digunakan karena itu berarti akan membuat baterai laptop cedera karena tak diisi terlebih dahulu.

#2. Nyalakan setelah laptop full charge (untuk laptop baru). Gunakan laptop untuk kegiatan yang bermanfaat sesuai hobi kalian. Eiits, tapi jangan cabut chargernya! Sembari menggunakan laptop, kalian harus tetap memasangnya ke aliran listrik (stop kontak). Penjelasan di bawah. Oke, saatnya install program baru!

#3. Selalu pasang charger saat laptop digunakan untuk bekerja seharian dan tidak berpindah-pindah tempat, seperti nge blog misalnya. Ini baik dilakukan walaupun baterai sudah penuh. Berbeda dengan smartphone. 

Jika ponsel tidak boleh digunakan sambil main ketika nge-charge, maka laptop malah sangat dianjurkan. Jenis baterai yang berbeda tentunya mempunyai sifat yang berbeda. Jangan khawatir terjadi overcharge (Kelebihan daya) karena baterai laptop umumnya memiliki controller yang dengannya bisa memutus aliran listrik secara otomatis setelah penuh.

#4. Hindari system CdC (Charge discharge) “Cabut ketika penuh, pasang ketika habis” Stop kebiasaan ini dan jangan sekali-kali dilakukan lagi. Mengapa? Karena ini yang menyebabkan baterai cepat rusak dan mempercepat berkurangnya umur baterai laptop. 

Yang benar adalah, Charge ketika laptop dinyalakan, cabut ketika laptop dimatikan dan tidak digunakan. Ini juga untuk menghindari kosongnya baterai ketika digunakan. Saya jamin, laptop anda akan lebih tua dari umur anda.

#5. Jangan memasang charger tanpa baterai. Ketika baterai tidak dipasang saat charger terpasang dapat membahayakan mainboard karena arus langsung dari adaptor (stop kontak) lebih besar disbanding arus dari baterai. Dan lagi, jika tiba-tiba aliran listrik terputus/mati, maka laptop akan langsung mati karena tidak adanya sumber energi untuk menyalakannya. 

Nah ini bisa beresiko merusak laptop dan komponennya karena saat program berjalan dengan tiba-tiba dihentikan. Kita aja kaget, begitu juga laptop. Mati mendadak juga bisa menyebabkan hilangnya data yang belum disimpan sebelum laptop mati.

#6. Hindari penggunaan baterai sampai kosong, caranya sudah dijelaskan dalam point 4. Laptop yang digunakan sampai baterai habis atau kosong bisa mengakibatkan laptop mati sendiri yang akibatnya sudah dijelaskan di point 5. Baterai yang kosong membutuhkan daya yang besar untuk mengisinya kembali dan ini mengakibatkan kerusakan pada baterai.

#7. Gunakan Laptop dalam suhu yang sejuk, atau setidaknya jangan terlalu panas. Mesin yang panas menandakan kerja baterai terlalu berat dan panas tersebut merupakan reaksinya. Hal ini bisa menjadikan sel-sel di baterai rusak dan tidak bisa menjalankan fungsinya secara semestinya. Bisa juga kita gunakan penyejuk laptop, semacam kipas yang dipasang di bawah laptop ketika gunakan untuk menjaga kondisi mesin dan baterai agar suhunya sejuk dan normal.

#8. Letakkan laptop di tempat yang permukaannya rata seperti meja, lantai, kursi kayu. Jangan ditaruh di tempat yang bergelombang seperti permukaan kasur, tempat tidur, spring bed, sofa, paha.

agar baterai laptop tidak rusak


Dari gambar di atas, kita mendapat petunjuk bahwa untuk meletakkan laptop yang benar adalah di permukaan yang rata, mengapa? Karena itu akan membuat baterai dan mesin laptop cepat panas. 

Perhatikan bagian bawah laptop. Ketika diletakkan di meja, masih ada sedikit ruang untuk sirkulasi udara sehingga suhu selalu normal, tetapi ketika ditaruh di tempat tidur, laptop akan tenggelam karena permukaannya yang empuk dan bisa ditekan sehingga kita bisa melihat saat laptop berada di kasur sirkulasi udara di bawah laptop akan tertutup dan itu bisa membuat mesin dan baterai cepat panas dan rusak.

Ini adalah hal yang dilakukan dan disepelekan banyak orang, entah karena tidak tahu atau tidak ada tips seperti ini di blog yang lain. Tips khusus obah tekno ini berbeda dari yang lain karena berdasarkan pengalaman dan pembuktian sendiri, dimana saat sirkulasi udara tertutup di permukaan yang tidak rata, baterai terasa cepat panas karena berusaha keras agar sirkulasi udara tetap berjalan.

Ada baiknya jika kalian ingin bermain laptop di tempat tidur, kalian siapkan kursi dan taruh di dekat/pinggir tempat tidur kita. Lalu letakkan laptop di atasnya dan kalian bisa main laptop sambil tiduran di kasur tanpa menutup sirkulasi udara.

Sedikit tips dari obah tekno ini semoga bermanfaat untuk anda yang menginginkan baterai laptopnya berumur panjang dan tidak nge drop ketika digunakan. Rawatlah laptop agar selalu dalam kondisi prima seperti yang kita inginkan, sehingga dalam melakukan pekerjaan menggunakan laptop, semuanya lancar-lancar saja. 
Salam Tekno!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
20 Oktober 2017 23.18 delete

terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/essen-kilo-gebrus-lele/

Reply
avatar